Monday, May 29, 2017

Buka Puasa Apa Hari Ini?

Pagi ini Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan, rintik-rintik gemes yang bikin mager, apalagi buat teman-teman muslim yang masuk hari ke 3 puasa dan di hari Senin juga, paket komplit yang bikin jalanan ke kantor macetnya ga biasa.

Saking lamanya di jalan, pikiran udah mulai kemana-mana dan ga jauh dari mikirin, mo makan apa buat bukaan puasa hari ini. hehehehehe
Saking isengnya diriku sampe buka arsip foto dari GOOGLE PHOTOS saking kapasitasnya gede, aku masi ada folder foto tahun 2013. hahahahha :))
dan kurang lebih isinya adalah makanan-makanan dan album jalan-jalan.
Nah, dari arsip foto itu aku mo berbagi beberapa makanan yang bisa jadi inspirasi berbuka puasa buat nanti sore:


Nasi Ayam Hainan, Aku makan di foodcourt di Hongkong taun 2015, ga tau di foodcourt mana. Rasanya lumayan lah, karakteristik makanan di Hongkong itu kyaknya baunya gurih tapi rasanya ga terlalu setrong. Mungkin karna biasa makan ayam hainan yang asin di Indonesia hehehhe.
Side dishnya ditambah sama tahu bacem ala chinese (ku lupa namanya apaan) :)))
Rasanya si tahu bacem ini ga manis malah ga ada rasanya.
Kombinasi ayam dan kuahnya enak banget, sama nasi putihnya yang padet.
Buat kamu yang suka rasa makanan ga setrong, cocok banget nih Ayam Hainan buat buka puasa. komplit ada sayur pelengkapnya juga, jadi gizinya cukup.



Steak, Klo ini salah satu menu andalan di Tokyo Skip Jack.
NZ Prime Steer Striploin 200gr well done dengan kombinasi saus creamy mushroom dan honey mustard. Pas banget buat kamu yang kepengen makan daging penuh protein.


Bakwan Malang, aku makan di salah satu franchise yang udah terkenal Bakwan Kota Cak Man di kota asalnya Malang, kira-kira May 2016 kemarin. Pilihan bakso dan pelengkapnya yang banyak banget ampe bingung mo milih yang mana dari yang goreng-gorengan sampe yang rebus-rebusnya.
Yang gorengnya aja banyak banget. Pilihan pelengkapnya juga bisa mie kuning, bihun sampe lontong.
Rasanya juara sihh, enak dan gurih banget. dan baksonya juga gede-gede. Klo harganya ga terlalu mahal untuk seporsi, yang di mangkok ini kurang lebih 15-20rban. Anget-anget kan trus ditambah sambel dan sedikit kecap. Cucok juga buat buka puasa ya kan.









Mie Ayam Pasar 6 Medan, Masi di tahun 2014. Kuah yg kental plus ada telor rebus yang menambah cita rasa. dulu sih harga seporsinya di Rp 9,000 murah kan, klo sekrang mungkin naik jadi 15rb juga masi ramah lah di kantong anak-anak kuliahan sekitar situ.










Siomay Medan, seperti namanya, aku makan siomay ini di Medan waktu itu jenguk si Menak (re adek) di taun 2014. Klo ga salah warung-wrung kecil gitu di Pasar 6 deket sama USU (Universitas Sumatra Utara).  Yang bikin spesial karena siomay di situ dikasi kerupuk kuning yang gurih. Enak banget ternyata perpaduan kerupuk sama sambal kacang. Slurpppp,, laper.







Bakso Pakde. dinamakan itu karena yang jual adalah Pakde-pakde. hahaha (ga menjawab).
Bakso ini legendanya di ITKP, almamater ku Sekolah Advertising di radio dalam.
Pakde biasanya jualan di taman depan kantor depkes radio dalam, deket kampus. Pake gerobak yang dikombinasikan dengan motor. Kuah baksonya ciamik dan gurih tulang banget.
Klo sore Pakde jualan di sekitaran pangpol.






Gorengan, campuran tahu tempe goreng dan piscok. Makanan paling gampang buat buka puasaa, plus segelas teh hangat. Langsung menghilangkan dahaga. hahahah.


Gimana -gimana? udah tau mau buka puasa makan apaaa?

Klo aku kyaknya bakal pulang ke rumah deh #NandeBiring bikin ikan goreng sambel lado, salah satu makanan paporit di rumah. Dimakan sama nasi putih panas-panas. Liat aja cabe rawitnya yang bertaburann.

Selamat berbuka puasaaa
Jangan sungkan berbagi di kolom koment yaaaa :)

Jabat Erat.

No comments: